Dipo Lokomotif Jatinegara (JNG)
Dipo Jatinegara salah satu dipo lokomotif tersibuk. Selain harus mengurus lokomotif sendiri, dipo ini harus mengurus lokomotif tamu milik dipo lain. Dipo ini berada di Jalan Pisangan Baru Raya No. 1 Jatinegara, Jakarta Timur. Dipo lokomotif ini memiliki lokomotif CC201 dan CC203 untuk melayani dinasan kereta api barang dan kereta api penumpang.Dipo Lokomotif Tanah Abang (THB)
Dipo yang bersebelahan dengan Stasiun Tanah Abang ini berfungsi sebagai tempat perawatan dan rumah singgah lokomotif diesel hidraulik. Lokomotif-lokomotif milik dipo ini khusus melayani dinasan kereta api ekonomi dari Jakarta ke arah Rangkasbitung. Selain untuk singgah lokomotif, dipo ini juga menjadi rumah singgah KAIS (Kereta Api Inspeksi) Wijayakusuma, KRD Bumi Geulis, serta lokomotif.Dipo Lokomotif Bandung (BD)
Dipo ini terletak di Jalan HOS Cokrominoto, Bandung, persis di sebelah barat Stasiun Bandung. Dipo ini disebut sebagai dipo lokomotif terlengkap di Indonesia dan tempat dinasan bagi kereta api baik penumpang atau barang tujuan ke Bandung dan berangkat dari Bandung. Dari armada, dipo ini memiliki lokomotif diesel elektrik (CC201, CC203, CC206), lokomotif diesel hidraulik (BB300, dan BB301), KRD, KRDE, dan kereta derek (crane). Selain itu, dipo ini juga memiliki KRD Rail One. Dipo ini adalah dipo terbesar di Indonesia dan hampir banyak mempunyai lokomotif seperti CC 203.Dipo Lokomotif Cirebon (CN)
Dipo ini terletak di Jalan Pancuran Gang Dipo Cirebon, tak jauh dari Stasiun Cirebon. Dipo lokomotif ini hanya memiliki sedikit lokomotif diesel elektrik dan beberapa lokomotif langsir. Walaupun ketersediaan lokomotif sedikit, dipo ini memiliki kereta derek (crane). Yang lebih istimewa lagi adalah dipo lokomotif ini memiliki dua lokomotif legendaris, yaitu lokomotif CC200 15. Seluruh lokomotif disini berwarna putih kecuali CC200 15Dipo Lokomotif Semarang Poncol (SMC)
Bukan terletak di stasiun Semarang Tawang, melainkan di Semarang Poncol. Ketersediaan lokomotif di dipo ini tidak terbilang banyak, memiliki beberapa lokomotif diesel hidraulik dan beberapa diesel elektrik. Lokomotif itu digunakan untuk beberapa dinasan kereta penumpang maupun kereta barang menuju/dari Semarang atau Tegal. Dipo ini juga memiliki beberapa armada KRD. Sayangnya dipo lokomotif ini sering menjadi korban banjir rob.Dipo Lokomotif Purwokerto (PWT)
Dipo ini salah satu dipo terbaik di Jawa Tengah. Bukan sekadar ketersediaan lokomotif atau fasilitas yang bagus, melainkan justru kebersihan dipo. Alokasi lokomotif CC201 di dipo ini tidak terlalu banyak. Lokomotif-lokomotif itu digunakan untuk dinasan beberapa kereta penumpang yang bertujuan Purwokerto, Cilacap, dan Kutoarjo.Dipo Lokomotif Kutoarjo (KTA)
Dipo ini terletak di Kutoarjo, sebenarnya dipo ini dulu hanya berstatus dipo sub, tetapi karena ketersediaan lokomotif makin banyak memungkinkan dipo ini berubah status menjadi Dipo Induk . Ketersediaan lokomotif di dipo ini tidak terbilang banyak, hanya memiliki dua lokomotif diesel hidrolik,yakni BB300 06 dan BB300 16. Lokomotif itu digunakan untuk dinasan langsir ataupun feeder. dipo ini juga memiliki fasilitas yang lengkap Lokomotifnya terbilang lebih terawat.Dipo Lokomotif Yogyakarta (YK)
Dipo ini terletak tak jauh dari stasiun Tugu Yogyakarta. Dipo ini berada di Jalan Suryonegaran, Yogyakarta. Saat ini, dipo lokomotif ini memiliki lokomotif diesel elektrik mulai dari CC201, CC203, hingga CC206. Lokomotif-lokomotif ini digunakan untuk dinasan kereta penumpang unggulan seperti Argo Dwipangga, Argo Lawu dan Taksaka atau juga sebagai dinasan kereta api penumpang dan barang berangkat dari Yogyakarta/Solo atau tujuan ke Yogyakarta/Solo.Dipo Lokomotif Solo Balapan (SLO)
Bukan merupakan dipo induk, tetapi dipo ini sibuk melayani lokomotif-lokomotif tamu. Di sini terdapat beberapa lokomotif diesel hidraulik sekaligus tempat singgah terakhir kereta api Argo Lawu dan Argo Dwipangga. selain lokomotif ada pula armada KRD yakni Prambanan ekspress, bahkan di sini terdapat pula kereta derek (crane).Dipo Lokomotif Madiun (MN)
Walaupun berdekatan dengan PT Inka,dipo ini terletak di Jalan Yos Sudarso atau sebelah barat Stasiun Madiun. Di dipo ini juga ada lokomotif diesel hidraulik yaitu BB301 dan D301. Selain itu Dipo Lokomotif juga mempunyai seri BB 301 yang lain, tetapi sekarang di tempatkan di Dipo Sidotopo, Dipo Yogyakarta, Dipo Bandung, dan Dipo Kertosono. Dalam halnya dipo ini merupakan tempat persinggahan pertama bagi lokomotif-lokomotif yang telah jadi dan keluar dari PT Inka.Dipo Lokomotif Sidotopo dan Dipo Lokomotif Surabaya Pasar Turi (SDT dan SBI)
Dipo ini terletak di Jalan Sidotopo Lor No. 2 Surabaya, Jawa Timur. Dipo lokomotif ini salah satu yang terlengkap ketersediaan lokomotifnya di Jawa Timur dan merupakan Dipo Lokomotif terbesar di Pulau Jawa. Dipo ini memiliki banyak sekali CC201 dan CC206 yang masih siap operasi. Lokomotif di dipo ini bertugas untuk dinasan kereta api, baik kereta penumpang ataupun kereta barang yang menuju Surabaya atau berangkat dari Surabaya.Dipo Lokomotif Malang (ML)
Dipo ini Terletak di Malang. Dipo Lokomotif ini masih belum memiliki lokomotif sendiri (hanya melayani lokomotif tamu dari dipo induk lain, contoh dipo induk SDT, JNG, YK dan BD) yaitu lokomotif CC201, CC203, dan CC204. Dipo ini terletak di sebelah timur Stasiun. Lokomotif ini untuk dinasan penumpang kereta api Gajayana,Malabar Ekspres , Malioboro Ekspres, Majapahit dan Matarmaja. Di Dipo Lokomotif ini melayani pencucian lokomotif, pengisian high-speed diesel (bahan bakar, pengecekan kondisi lokomotif, tempat Perawatan pengecekan harian atau daily check, perbaikan ringan, dan untuk memutar lokomotif di meja putar.Dipo Lokomotif Jember (JR)
Dipo ini merupakan dipo spesialis lokomotif diesel hidraulik yang berada di Pulau Jawa. Dipo yang terletak tak jauh dari stasiun Jember ini memiliki beberapa koleksi lokomotif diesel hidraulik, antara lain, BB301, BB303, dan BB304 serta diesel elektrik CC 201. Lokomotif ini digunakan untuk dinasan beberapa kereta penumpang ataupun kereta barang. Di sini juga banyak lokomotif yang mangkrak karena sudah tak dioperasikan lagi.Di Pulau Sumatra
Tidak ada komentar:
Posting Komentar